Penumpang di Bandara Hasanuddin Naik 5,7 Persen

  • Whatsapp
suasana bandara hasanuddin makassar jelang penerapan larangan mudik

MAKASSAR, SULSEL.SULAWEISON.COM – Jelang pemberlakuan larangan mudik, Bandara Internasional Hasanuddin Makassar di Kabupaten Maros mengalami kepadatan penumpang. Baik dari terminal keberangkatan hingga pintu chek-in.

Merujuk kepada Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19  No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah mulai hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Bacaan Lainnya

Melalui surat edaran ini, Instansi pemerintah apapun tegas melarang masyarakat melakukan kegiatan mudik lebaran tahun ini demi melindungi masyarakat dari penularan virus Covid-19.

BACA JUGA: Geram, Walikota Ancam Tutup Mall di Makassar

Airport Duty Manager Totok Endro Cahyono mengaku, jumlah penumpang yang terpantau, jumlah penumpang hari ini menembus 25.055 orang atau perhari naik 5,7 persen.

Agar penumpang tak menumpuk, kata Totok, dua maskapai masing-masing Garuda dan Citi Link telah membuka tambahan penerbangan (ekstra flight) ke dua rute yang paling padat, yakni Jakarta dan Surabaya.

BACA JUGA: Rampas Motor Istri Sirih, Pelaku Curas Diamankan Polres Bulukumba

“Diperkirakan, puncak lonjakan penumpang akan terjadi pada Rabu (5/5/2021) atau sehari sebelum pemberlakuan pelarangan mudik. Pihak Angkasa Pura pun telah meminta bantuan ke TNI AU untuk membantu dalam hal penerapan protokol kesehatan,” kata Totok.

Lanjut kata Totok, kepadatan itu disebabkan adanya isu Bandara akan tutup pada tanggal 6 Mei 2021. Padahal, menurutnya Bandara Hasanudddin akan tetap melayani penerbangan namun yang bersifat khusus.

Pada pelarangan tersebut, Bandara hanya melayani penerbangan khusus, karena alasan tugas atau kepentingan darurat.

Sementara itu, salah satu penumpang Ismail mengaku, sengaja berangkat lebih awal untuk menghindari berlakunya pelarangan mudik. Meski harus berdesakan, mereka tetap antusias menunggu, bahkan hingga di pelataran taman. (SPD)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *