Detik-detik Khatib Jumat di Masjidil Haram Diserang

  • Whatsapp

Seorang pria ditahan oleh pihak keamanan ketika mencoba menyerang khatib di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, kala sesi khotbah salat Jumat (21/5/2021) waktu setempat.

Sebuah video beredar di dunia maya yang menggambarkan upaya seorang pria berpakaian melewati sejumlah jemaah yang duduk menuju mimbar khatib. Ia membawa sebuah tongkat yang disembunyikan di balik badannya.

Ketika ia mulai mengacungkan tongkat saat sudah mendekat mimbar, pria tersebut dihentikan oleh petugas yang berjaga di kedua sisi mimbar khatib salat Jumat yang saat itu dipimpin oleh Syeikh Baleelah.

BACA JUGA: Innalillahi, Ulama Sulsel Meninggal Saat Ceramah di Masjid

Menurut laporan Arab News, Jumat (21/5), pria tersebut segera diamankan pihak kepolisian dan petugas Masjidil Haram serta langsung diproses secara hukum.

Percobaan serangan ini menjadi kali kesekian sejumlah peristiwa terjadi di masjid suci umat Islam tersebut. Pada akhir Maret lalu, dilaporkan seorang pria diamankan karena membawa pisau dan meneriakkan slogan pakaian teroris di Masjidil Haram.

Kemudian pada Oktober 2020, sebuah mobil menerobos penghalang dan menabrak gerbang 89 Masjidil Haram.

Pria yang mengemudikan mobil tersebut merupakan warga negara Arab Saudi dan langsung diamankan pihak kepolisian, demikian menurut kantor berita SPA, seperti dikutip dari Al Arabiya. Tidak ada korban dalam insiden tersebut.

Sebelumnya rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan sebuah mobil Hyundai warna krem melaju dengan kecepatan tinggi dan kemudian menabrak gerbang 89 Masjid Al Haram.

Menurut laporan dari akun Instagram Makkah Region, seorang sumber dari Emirat Mekkah, Sultan Al-Dossary, mengatakan pengemudi tersebut mengemudikan mobilnya dengan kecepatan tinggi di salah satu jalan yang mengelilingi alun-alun selatan Masjidil Haram.

Arab Saudi kembali mengizinkan jemaah beribadah di Masjidil Haram pada Oktober 2020 setelah sekian bulan ditutup demi mencegah penyebaran Covid-19.

BACA JUGA: Profile Anregutta KH Sanusi Baco, Ulama Kharismatik Sulsel

Jemaah diizinkan beribadah di Masjidil Haram dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti mengenakan masker.

“Warga telah menunaikan salat subuh di Masjidil Haram hari ini karena (pihak berwenang) mulai melaksanakan dimulainya kembali tahap kedua umrah secara bertahap,” lapor kantor berita resmi Saudi Press Agency.

Sumber: cnnindonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *